oleh

Buku ”Intensif Bedah Materi dan Soal Asesmen Nasional SMA/MA, Mendorong Perbaikan Mutu Pembelajaran Peserta Didik

Jakarta, Ratalnews.com

Literasi termasuk dalam penilaian pada Programme for International Student Assesment (PISA). Proyek PISA merupakan Program internasional yang diselenggarakan oleh Organization for Ekonomic Cooperation and Development (OCED) untuk mengukur kemampuan peserta didik pada rentang umur 15 tahun.

Keuntungan penilaian PISA ini adalah dapat menentukan keberhasilan Pendidikan suatu negara, hal yang dinilai disini adalah kemampuan literasi matematika, literasi sains dan membaca.

Untuk nilai kompetensi Membaca Indonesia berada dalam peringkat 72 dari 77 negara, Matematika berada di peringkat 72 dari 78 negara sedangkan Sains di peringkat 70 dari 78 negara. Nilai tersebut cenderung stagnan dalam 10-15 tahun terakhir.

Pemerintahan Presiden Joko Widodo mendukung kebijakan peningkatan sisten evaluasi Pendidikan dengan kebijakan merdeka belajar serta diterbitkannya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Ristek dan Teknologi Rerpublik Indonesia Nomor 17 tahun 2021 tentang Asesmen Nasional, maka babak baru dunia Pendidikan dasar dan menengah di Indonesia dimulai. Tujuan utamanya adalah mendorong perbaikan mutu pembelajaran dan hasil belajar peserta didik.

Asesmen Nasional tidak hanya dirancang sebagai pengganti Ujian Nasional dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional, tetapi juga sebagai penanda perubahan paradigma tentang evaluasi pendidikan. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan terhadap rencana penerapan Asesmen Nasional.

Mendukung program tersebut, Eureka Edutech (PT. Edukasi Rekanan Anda) Startup yang bergerak di bidang teknologi pendikan meluncurkan buku ”Intensif Bedah Materi dan Soal Asesmen Nasional SMA/MA,” ujar CEO dan Co Founder Eureka Mahendra pada acara peluncuran buku, di Gramedia Matraman, Jakarta dan disiarkan secara live di Platform Instagram, Youtube dan Zoom Eureka, Jumat (5/7/2022).

Buku ini disusun oleh Tim penulis EUREKA yang berkompeten dibidangnya, Herman Huang selaku Founder, Tim Konten Literasi A.C. Mahendra K. Datu sekaligus CEO & Co-Founder yang Buku dibantu oleh Ign. Yophiandi Kurniawan, Hadistian dan Feri Setiawan.

Selanjutnya Tim Numerisasi Konten Herry Kwee dan Hendra Kwee sebagai Direktur yang dibantu oleh Jong Anly Tan, Zainul Abidin, Muhammad Khairul Ihsan dan Dimas Widianto Ramadhan. Eureka mengembangkan aplikasi dan buku pembelajaran untuk mempersiapkan siswa menjadi pembelajar yang lebih baik dalam bidang literasi serta numerasi, yang juga bermanfaat bagi mereka yang mesuk atau terpilih untuk mengikuti proses asesmen kompetensi minimum melalui sekolah mereka masing-masing. Apa yang dapat kami persembahkan bagi generasi muda kita yang masih duduk dan berjuang di bangku pendidikan selain bang soal yang relewan, yang mendorong kemapuan kognitif mereka, yang pada akhirnya akan membentuk kekuatan keunggulan generasi muda dalam menyongsong masa depan dengan daya saing yang lebih tinggi.

Buku ini disusun untuk menjawab tantangan pendidikan nasional secara holistk. Buku ini dilengkapi dengan informasi lengkap terkait dengan Asesmen Nasional, bedah meteri literasi dan numerasi, contoh soal dan pembahasan materi literasi dan numerasi serta simulasi soal asesman nasional yang disusun berdasarkan indikator Pusat Asesmen dan Pembelajaran (Pusmenjar). (Frans)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.