oleh

Dukung Seniman Muda, Basoeki Abdullah Art Award 2022 Kembali Digelar

-Berita-267 views

Jakarta,Ratalnews.com

Museum Basoeki Abdullah Jakarta kembali menggelar Kompetisi ‘Basoeki Abdullah Art Award 2022 #4. Perhelatan tiga tahunan itu berlangsung 1 April hingga 10 Juli 2022.

Kompetisi ini kata Kepala Museum Basuki Abdullah, Maeva Salmah menitik beratkan pada lukisan dua dimensi. Harapannya, seniman muda Indonesia tidak lupa dengan karya lukis tangan, mengolah hati, olah rasa, dan raganya tangan di era digital saat ini. Karena kompotisi ini dengan tujuan memberikan ruang apresiasi, ekspresi, edukasi dan kreasi bagi generasi seni rupa muda Indonesia dengan usia 17-30 tahun berkarya dalam bentuk lukisan dua dimensi,” kata Kepala Museum Basoeki Abdullah, Maeva Salmah, di Jakarta, Jum’at (11/3/2022).

Maeva menyatakan, pengembangan tema tahunan Museum Basoeki Abdullah selalu didasarkan pada pembagian tema lukisan Basoeki Abdullah. Salah satu pilihan tema lukisan Basoeki Abdullah tahun 2022 adalah “Tokoh Bangsa”.

Hal itu karena Basoeki Abdullah banyak menciptakan karya seni lukis dengan figur tokoh bangsa, baik tokoh sezaman maupun yang dikaitkan dengan peristiwa perjuangan Bangsa Indonesia.

“Tema “Tokoh Bangsa”, bukan terbatas pada lukisan potret, namun juga terkait kepekaan estetis yang tinggi, dalam konteks  realitas sosial dan berbagai peristiwa sejarah, dimana seorang Tokoh berperan didalamnya,” kata Maeva.

“Pemahaman sederhana ini membawa kita dalam mengembangkan tema lukisan “Tokoh Bangsa” menjadi tema yang lebih kontekstual dengan spirit zamannya “IDEOLOG : Kini, Tokoh dan Bangsa”. Kini adalah zaman kita, sedangkan kita adalah tokoh, dan semua bangsa selalu ada di bibir sang ideolognya,” tambahnya.

Ia menjelaskan, pihaknya menyediakan total hadiah 125 juta rupiah untuk 5 karya terbaik, dan pameran hasil karya kompetisi untuk 25 nominator merupakan daya tarik tersendiri dari kompetisi ini. Karya peserta Kompetisi BAAA #4 dapat dikirimkan mulai 1 April sampai 10 Juli 2022.

Sementara, dewan juri BAAA #4 diantaranya Yusuf Susilo Hartono, Citra Smaradewi, Djuli Djatiprambudi, Mikke Susanto, dan Sally Texania.

Tentang syarat dan ketentuan kompetisi, peminat bisa mengakses https://bit.ly/INFOBAAA4. (Frans)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.